Wednesday, April 23, 2014

CARA AFDRUK SCREEN SABLON

Leave a Comment
meja apdruk

nah pada postingan awal ini saya mau share cara apdruk screen sablon manual.. lagsung aja.
jadi disini saya menggunakan obat apdruk yang umum digunakan. yaitu PhotoXol. sebenernya masih banyak merek'' obat apdruk lain selain photoxol, kalo kalian beli obat apdruk photoxol pastikan kalian dapet 2 botol obat. yang satu botol besar (warna biru keunguan) dan yang satu lagi botol kecil (warna kuning ke orange an..namanya sensitizer kalo gak salah),

LANGKAH PERTAMA : campur obat apdruk dengan sensitizer perbandingannya kira'' 1/10, udah selesai?

LANGKAH KEDUA : siapkan obat apdruk yang udah dicampur tadi, screen, desain di kertas hvs diberi minyak agar transparan, meja apdruk, sama penggaris yang rata/ktp juga boleh.. hahaha..

LANGKAH KETIGA: tuang obat apdruk ke screen dan ratakan pake penggaris atau ktp(tidak disarankan takutnya ktp rusak) haha., nah ngeerata'innya juga gak boleh terlalu tebal jadi agak ditekan aja. ratakan di bagian depan dan belakang screen.

LANGKAH KE EMPAT : keringkan screen pake hairdrayer atau pake kipas angin ditempat gelap

LANGKAH KELIMA : udah kering?? siapkan desain taruh diatas meja apdruk, gak usah dibalik lalu tindih pake screen, tindih lagi pake kain gelap, tindih lagi pake pemberat, abis itu nyalakan lampu yang ada dibawah meja apdruk. lama penyinaran sekitar 5-10 menit.
urutan penempatan

TERAKHIR : cuci screen, ntar pada apdrukan akan ada cetakan sesuai desain yang kamu buat, semprot pake air,, kalo cetakan yang kamu buat bagus jadi kamu sukses.. kalo masih jelek jadi kamu gagal. silahkan coba lagi kalo gagal..

sekian

0 comments:

Post a Comment