Thursday, April 26, 2018

aplikasi smartphone android jadi CCTV, solusi untuk tracking parabola sendiri

2 comments


meskipun posisi sebagai media hiburan elektronik televisi mulai tergantikan oleh kecanggihan internet dengan adanya berbagai macam pilihan siaran streaming tapi kegiatan menonton televisi tetaplah mempuyai sensasi sendiri, dengan banyak pilihan acara menarik dan tentunya tak perlu takut buffer karena jaringan jelek ya gak?.

meskipun begitu dengan luasnya wilayah indonesia dan kondisi geografis yang dipenuhi pegunungan siaran televisi digital maupun analog belum dapat menjangkau merata ke seluruh wilayah indonesia nah solusinya adalah dengan menonton siaran tv dari satelit menggunakan parabola.

hal pertama yang kita butuhkan agar bisa menonton siaran tv dengan parabola adalah dengan mengarahkan parabola kita tepat ke satelit yang menyediakan tayangan televisi, untuk indonesia saat ini siaran televisi berada di satelit PALAPA D dan TELKOM 3s.

kalo jaman dulu kegiatan cari sinyal ini membutuhkan minimal 2 orang atau harus repot2 mengeluarkan tv agar bisa memantau sinyal yang di dapat, sekarang saya akan memberi solusi murah dan mudah agar bisa tracking sendiri dengan menggunakan applikasi android bernama WALKIETOOTH, applikasi ini bekerja layaknya menjadikan hp android sebagai CCTV.

berikut ini saya akan memberikan tutorial untuk menggunakan apps walkietooth

  1. siapkan peralatan yang di perlukan 2 unit smartphone android (boleh smartphone pinjeman haha)
  2. apps WALKIETOOTH unduh melalui playstore atau KLIK DISIN dan install di kedua smartphone yang akan digunakan.
  3. buka apps walkietooth di kedua smartphone dan pilih kamera
  4. di salah satu smartphone pilih sebagai server setelah itu maka di smartphone server, thetering akan hidup
  5. di smartphone satunya hidupkan wifi dan sambungkan dengan smartphone server tadi, kalau sudah sukses terhubung buka lagi apps walkietooth dan pilih "client"
  6. setelah itu kalau muncul menu seperti gambar di bawah ini berarti dua2nya sudah terhubung dan pilih kamera (boleh di hp server atau client sama saja)
  7. smartphone siap digunakan sebagai CCTV untuk tracking ataupun keperluan lain tergantung pemakai 
  8. cara rubah resolusi video untuk pemakaian maksimal pilih menu ini

sebenarnya banyak sekali apps semacam walkietooth ini di playstore tapi dari sekian banyak yang saya coba apps ini yang paling baik kualitasnya, kualitas video jernih dan bisa diatur sesuai kemampuan hp serta repon video sangat baik gak patah2 sehingga memudahkan untuk tracking parabola atau kegiatan lainnya,


dan meskipun apps walkietooth ini menggunakan jaringan wifi tapi apps ini tidak menggunakan paket data/kuota kalian karena wifi di apps ini bersifat lokal hanyak antara 2 HP yang saling terhubung.
ok sekian solusi yang saya berikn hari ini semoga bermanfaat dan dapat digunaka dengan bijak,
mohon untuk tidak sekedar copy paste untuk menghargai jerih payah penulis mengarang artikel ini :).
sekian wassalam..

2 comments: